Cara Menggunakan Laptop Anda Sebagai Hotspot Wi-Fi

10/13/2018

Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak memiliki router Wi-Fi, hanya satu kabel jaringan dan lima orang yang perlu menggunakan Internet? Atau mungkin Anda memiliki USB dongle 3G yang berfungsi dengan laptop Anda, tetapi tinggalkan saja tablet Wi-Fi satunya Anda secara offline. Terdengar akrab? Ini tentu akan berguna untuk berbagi koneksi Internet di antara semua pengguna dan perangkat tanpa router, bukan?

Atau mungkin skenario ini akan membunyikan lonceng. Banyak hotel menawarkan akses Internet kabel gratis, tetapi mengenakan biaya untuk Wi-Fi dan / atau untuk menggunakan Internet di lebih dari satu perangkat. Jadi haruskah Anda membayar jumlah yang gila yang mereka minta? Belum tentu.

Anda dapat berbagi koneksi Internet laptop atau desktop Anda melalui Wi-Fi ke perangkat lain, dan untuk sebagian besar, itu cukup sederhana. Pengguna Mac tidak menghadapi masalah sama sekali, karena pengaturan berbagi Internet di OS X hanya berjarak beberapa klik, tetapi bagi pengguna Windows prosesnya bisa sedikit lebih sulit. Opsi bawaan tidak selalu memotongnya karena masalah konfigurasi dan keandalan yang rumit.

Gunakan Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1 Laptop sebagai Hotspot Wi-Fi

Untungnya, ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda menggunakan mesin Anda sebagai hotspot Wi-Fi. Sebelum Anda menggunakan salah satu aplikasi ini, Anda mungkin ingin memeriksa langkah-langkah di situs Microsoft untuk melihat berbagi Internet bawaan Windows dan melihat apakah Anda memiliki keberuntungan yang lebih baik daripada kami. Kami menyarankan Anda melewati itu dan menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai gantinya, karena pengalaman biasanya jauh lebih baik.

Kami menguji beberapa aplikasi populer yang memungkinkan Anda melakukan ini - Connectify dan Virtual Router Plus. Yang terakhir tidak bekerja dengan baik untuk kita. Anti-virus kami menandai sebagai ancaman dan selama instalasi itu mencoba untuk membuat kita menginstal perangkat lunak yang tidak diinginkan.

Kami tidak memiliki masalah yang sama dengan Connectify. Ini adalah aplikasi yang dapat diandalkan untuk mengubah komputer Anda menjadi hotspot Wi-Fi. Sebelum Anda melanjutkan, ketahuilah bahwa Anda akan memerlukan PC Windows dengan adaptor Wi-Fi (atau Wi-Fi internal) untuk membuat ini berfungsi. Jika komputer Anda tidak memiliki Wi-Fi, maka Anda dapat membeli yang terhubung melalui USB, seperti ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkan mesin Windows Anda sebagai hotspot Wi-Fi:

1. Unduh Sambungkan dan pasang. Instalasi cukup mudah dan ketika instalasi selesai, restart komputer Anda.

2. Setelah memulai ulang komputer, periksa apakah komputer terhubung ke Internet. Jika ya, jalankan aplikasi Connectify Hotspot.

3. Anda akan melihat dua tab di aplikasi - Pengaturan dan Klien. Di tab Pengaturan, di bawah "Buat ..." klik Wi-Fi Hotspot.

4. Di bawah Internet untuk berbagi, Anda akan melihat menu tarik-turun. Bentangkan dan pilih koneksi yang ingin Anda bagikan. Kami menguji aplikasi ini dengan koneksi kabel dan nirkabel dan menemukan bahwa itu bekerja baik dengan keduanya.

5. Di bawah itu, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Tambahkan kata sandi Wi-Fi. Klik Mulai Hotspot.

Itu saja yang perlu Anda lakukan. Sekarang perangkat lain akan mendeteksi jaringan Wi-Fi berlabel Hubungkan saya. Masukkan kata sandi dan Anda siap untuk memulai brosing.

www.otota.co adalah aplikasi berbayar, tetapi memiliki versi gratis yang dipreteli. Anda dapat membuat hotspot dengan versi gratis, tetapi batasan utamanya adalah secara otomatis memutus setiap 30 menit dan menampilkan pop-up yang meminta Anda untuk membeli versi pro. Anda harus mengaktifkan kembali hotspot secara manual untuk mulai menggunakannya lagi.

Versi Pro memiliki lebih banyak fitur dan biaya $25 (Rs. 1.550) untuk setahun dan $40 (Rs. 2.450) untuk lisensi penuh. Selain uptime hotspot tidak terbatas, Anda mendapatkan fitur seperti penandaan hotspot khusus, kemampuan untuk berbagi Internet dari jaringan 3G dan 4G (untuk berbagi dongle USB Internet), dan kontrol firewall lanjutan (pilih perangkat mana yang dapat mengakses Internet dan file pribadi di LAN Anda).

Pengguna Mac memilikinya jauh lebih mudah. Berikut ini cara membagikan koneksi Internet Mac Anda.

1. Buka System Preferensi> Berbagi> periksa Internet Berbagi di sebelah kiri.

2. Di sebelah kanan, perluas menu tarik-turun di samping Bagikan koneksi Anda dari: dan pilih koneksi yang ingin Anda bagikan. Anda dapat berbagi koneksi Internet dari Ethernet, Wi-Fi, Bluetooth, atau bahkan iPhone USB.

Biasanya, Anda ingin memilih Ethernet, jika Anda menggunakan koneksi Internet kabel iMac, Mac Pro, atau MacBook Pro. Jika Anda menggunakan adaptor Ethernet eksternal dengan MacBook Air Anda sebaiknya memilih USB Ethernet atau Thunderbolt Ethernet, tergantung pada jenis dongle yang Anda gunakan (biasanya USB).

3. Tepat di bawah itu, ada kotak di sebelah Dua komputer menggunakan: di mana Anda harus mencentang kotak di samping Wi-Fi.

4. Klik tombol Opsi Wi-Fi di bawah kotak. Pilih Nama Jaringan, Jenis Keamanan, dan masukkan kata sandi dua kali di bidang bernama Kata Sandi dan Verifikasi. Kami sangat menyarankan Anda memilih kata sandi, alih-alih membiarkan opsi Keamanan tidak Ada. Anda dapat meninggalkan Kanal sebagai nilai default kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan. Klik OK.

5. Jika koneksi aktif, Anda akan melihat ikon hijau dan teks Internet Berbagi: On di bawah System Preferensi.

Itu saja. Anda akan dapat menggunakan Internet pada perangkat lain sekarang dengan menghubungkan ke jaringan yang Anda tentukan di bawah Nama Jaringan.

Begitulah cara Anda mengubah PC atau Mac menjadi hotspot Wi-Fi. Apakah ada cara lain yang Anda gunakan untuk menyelesaikan ini? Beri tahu kami melalui komentar. Seperti biasa, Anda dapat membaca lebih banyak tutorial di bagian Cara Kami.